“Kejam” terhadap diri sendiri

Jika engkau keras terhadap kehidupan, maka kehidupan akan lunak kepadamu. Namun, jika engkau lunak kepada kehidupan, maka kehidupan akan keras kepadamu. ~ pepatah

“Bukannya sebaiknya kita mencintai dan menyayangi diri kita sendiri?” tanya saya kepada salah satu kenalan saya.

“Ya benar, memang sepatutnya kita menyayangi dan mencintai diri kita sendiri, tapi bukan berarti kita jadi memanjakan diri. Bermalas-malasan dan tidak disiplin,” jawabnya.

“Terkadang, kita perlu kejam terhadap diri sendiri. Disiplin terhadap diri sendiri. Tertib terhadap diri sendiri. Memegang komitmen yang sudah kita buat, dan berusaha mati-matian untuk mencapai tujuan yang kita inginkan dalam hidup,” lanjutnya.

“Kejam terhadap diri sendiri artinya juga mendisiplinkan diri dan secara konsisten membuat peraturan untuk diri sendiri. Misalnya setiap pagi bangun jam 6 pagi. Ya kalau udah di-set seperti itu harus disiplin. Setiap pagi, gimanapun caranya, apapun ceritanya, tetap harus bangun jam 6 pagi. Kejam? Ya!” dia menegaskan.

“Agar bisa mencapai kesuksesan dalam hidup, kita harus “kejam” terhadap diri sendiri. Gagal? Coba lagi! Bukannya sibuk mengasihani diri sendiri. Sewaktu kita mengasihani diri sendiri dan tidak mau berusaha, kita sesungguhnya sudah gagal!” beliau kembali melanjutkan.

“Jadi intinya sebelum tujuan kita tercapai, kita memang harus kejam terhadap diri sendiri dan mendisiplinkan diri ya Pak?” saya kemudian bertanya.

“Iya. Tapi perlu diingat kalau disiplin diri itu memang merupakan suatu keharusan dan harus dibiasakan. Jangan dikit-dikit malas, dikit-dikit nyerah, dikit-dikit pasrah dan gak mau usaha. Selagi mampu, hajarr aja. Jangan mudah kasihan dengan diri sendiri. Gitu loh..” jelasnya sambil tertawa.

Saya mengangguk-anggukkan kepala lalu kembali menyeruput secangkir kopi panas di atas meja. Slurpp!

—–

Silahkan bagikan tulisan ini kepada teman-teman Anda yang membutuhkan dan semoga bermanfaat! 🙂

 

Share
You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.