Ngaca dulu…

download (1)

Sebagai manusia yang tidak pernah luput dari kesalahan, membicarakan orang lain tentu menjadi salah satu “topik” kita, tinggal apa saja yang dibicarakan – kebaikannya atau keburukannya.

Membicarakan kebaikan orang baik itu baik, artinya kita menyebarkan kebaikan yang dilakukan oleh orang lain kepada orang lainnya. Namun jika membicarakan keburukan orang?

Membicarakan keburukan atau kekurangan orang lain menurut saya tidak salah kok. Artinya kita sedang melakukan semacam evaluasi kepada orang lain. Tapi terkadang kita lupa, kalau kita juga sebenarnya tidak lebih baik dari orang itu.

Salah satu teman di Facebook saya pernah berkata : “Mengkritik orang lain itu bagus… Karena bisa membawa perubahan bagi orang lain… Sayangnya, yang dikritik bertumbuh… Sementara kita yang sibuk mengkritik malah stag gak maju-maju karena lupa memperbaiki diri sendiri gara-gara terlalu sibuk mengkritik orang lain…”

Terkadang, kita terlalu sibuk membicarakan dan membahas keburukan orang, tapi kita sendiri lupa ngaca. Apakah kita sudah melakukan hal-hal yang lebih baik dari dia? Apakah kita sudah memperbaiki diri menjadi lebih baik? Apakah kita ingat untuk meningkatkan kualitas diri kita menjadi lebih baik daripada sebelumnya? Atau apakah kita hanya sibuk menilai dan menghakimi orang lain?

Hanya kita sendiri yang tahu jawabannya.

Sebelum sibuk mengurusi keburukan orang lain, ada baiknya kita NGACA DULU ~

Silahkan bagikan tulisan ini kepada teman-teman Anda yang membutuhkan dan semoga bermanfaat! 🙂

 

Share
You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.